Home » Berita » Komisi V DPR RI Pantau Kesiapan Angkutan Lebaran di Pelabuhan

Komisi V DPR RI Pantau Kesiapan Angkutan Lebaran di Pelabuhan

SURABAYA, dobraknews – Memasuki lonjakan penumpang mudik lebaran, Anggota Komisi V DPR-RI sidak kepelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (23/5/2019). Para rombongan langsung menuju Gedung Gapura Surya Nusantara (GSN) untuk memantau kesiapan infrastruktur mulai dari kepalabuhanan, kapal dan perlengkapan menjelang dan antispasi mudik lebaran.

Namun rombongan Komisi V DPR -RI tersebut tidak bisa memantau langsung para penumpang kapal karena para penumpang sudah lebih awal masuk kekapal. Sehingga rombongan itu hanya bisa memantau kapal dari gedung GSN. Kunjungan komisi V tersebut diterima langsung oleh jajaran PT Pelindo III persero dan jajaran Kementerian Perhubungan Laut.

Onik, Ceo PT Pelindo III regional Jawa Timur dalam paparanya dihadapan para rombongan mengatakan bahwa Pelindo III memiliki sarana yang mumpuni untuk mengantispasi lonjakan penumpang mulai dari kesiapan dermaga, gedung terminal telah dipersiapkan. Onik mengatakan penumpang yang kena dile karena keterlambatan kapal tidak perlu keluar. ” Pelindo III menyiapkan lantai II dan III GSN untuk sarana penumpang tempat menginap, mandi dan beristirahat, ” ujarnya.

“Penumpang Kapal tidak perlu lagi bingung selama kapal dile, karena Pelindo III sesuai anjuran para direksi menyesiakan tempat yang layak dan gratis, ” tambahnya.

Sementara itu dalam paparan Kepala distrik Navigasi Klas I Surabaya, Dahri dalam paparanya antispasi penumpang lebaran melalui kapal laut dilayani kapal PT Pelni dan Darma Lautan Utama (DLU) dan swasta lainnya serta satu unit kapal perintis Pemprov Jatim.

Sedang Menurut Bambang Haryo Anggota Komisi V DPR RI, mengatakan tujuan sidak untuk melihat langsung kesiapan infrastrutur mulai dari kepelabuhanan, kapal dalam mengantispasi angkutan lebaran mulai H+15 sampai H-15, dan kapasitas angkut sudah bisa mengangkut penumpang sesuai diman terang anggota komisi v itu.

Bambang Haryo menbahkan, bahwa dengan kunjungan DPR RI, memastikan bahwa keslamatan kapal angkutan lebaran, dan kesiapan para insfrastuktur, dan SDM jika terjadi emergensi dan diharapkan semua zero accident, Urai bambang setelah melihat kesiapan angkutan lebaran.

Bambang Harjo menegaskan dalam rangka kesiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak sudah siap dan semua dipersiapkan yakni kapal tagboat, SDM, dan posko posko. Disinggung terkait lonjakan penumpang diakui oleh Anggota Komisi V tersebut, bahwa kecenderungan masyarakat menggunakan angkutan laut kenaikan hanya sekitar dua persen tegas Bambang Harjo. (martin)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*