Home » Berita » Headline » Ekbis & Pelabuhan » Para Pemudik Gratis Kepulau Kecil di Jatim dilepas

Para Pemudik Gratis Kepulau Kecil di Jatim dilepas

SURABAYA,  dobraknews–  Sebanyak 460 pemudik yang menggunakan moda transportasi Kapal laut, tujuan Pulau Masalembu dilepas oleh Gubernur Jawa Timur, Kofifah dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu, (29/5/2019).

Menurut Gubernur bahwa pihaknya memfasilitasi 15 ribu pemudik yang menggunakan kapal laut secara gratis. Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman, tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Fattah Jasin selaku yang membidangi pelaksanaan mudik gratis, mengatakan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur untuk kegiatan mudik gratis dimulai untuk pemberangkatan yang menggunakan kapal laut.

Menurut Fattah, pemberangkatan selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2019 mendatang.  “Ada enam kapal dari perusahaan yang kita gunakan untuk mudik gratis ini,” urai Fattah.

Fattah menjelaskan ada enam jalur yang pada mudik gratis kali ini. yakni Gresik-Bawean, Kalianget-Kangean, Kalianget-Masalembu, Kangean-Sapeken, Tanjungwangi-Sapeken dan Jangkar-Raas.

“Kebanyakan masyarakat yang mudik menggunakan kapal laut ini tujuannya ke Madura dan kepulauan dan untuk tujuan Maselembu banyak mahasiswa yang kerja di Surabaya,” ucap Fattah.

Kata Fattah fasilitas kapal untuk tahun ini dipastikan lebih baik dari sebelumnya. Salah satunya fasilitas ruangan ber AC.

“Ini disebabkan APBD untuk mudik gratis ini sangat memungkinkan untuk menaikkan kelas. Tujuannya memang memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sedangkan Anggaran khusus mudik dengan kapal laut ini “sekitar Rp. 5 miliar,” ujarnya. Sementara untuk pelayanan bagi masyarakat yang datang dari luar pulau, Fattah mengaku sudah menyiapkan 80 bus yang stanby di pelabuhan Tanjung Perak. Bus itu nantinya akan mengantar para pemudik ke Terminal Purabaya. “Baru setelah itu para pemudik ini bisa estafet dengan bus tujuan ke daerah masing-masing,” tandas Fattah. (do/martin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*