Home » Berita » Headline » Kasus Bawang Putih, KPK Jaring Sejumlah Pihak

Kasus Bawang Putih, KPK Jaring Sejumlah Pihak

JAKARTA,  dobraknews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di tiga lokasi terkait penyidikan dugaan suap dalam dengan pengurusan izin import bawang putih tahun 2019. Salah satu yang digeledah adalah ruang kerja I Nyoman Dhamantra, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

“Penyidik melakukan penggeledahan di ruang kerja Anggota DPR-RI, INY (I Nyoman Dhamantra, red),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (12/8/2019).

Dia menambahkan, penggeledahan juga dilakukan di ruang Dirjen Perdagangan LN Kemndag RI dan ruang Di Dirjen Holtikultura Kementan RI. “(Hingga petang ini) Tim masih di lokasi,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini diamankan sejumlah dokumen terkait dengan impor yang jadi kewenangan Kementan dan Kemendag.

Seperti diketahui, KPK menetapkan enam tersangka terkait dengan pengurusan izin import bawang putih tahun 2019. Mereka terdiri dari tiga orang penyuap dan tiga penerima suap.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, tersangka pemberi Chandry Suanda (CSU) alias Afung (swasta), Doddy Wahyudi (DDW, swasta), dan Zulfikar (ZFK, swasta). Adapun tersangka penerima suap I Nyoman Dhamantra (INY, Anggota DPR 2014-2019), Mirawati Basri (MBS, orang kepercayaan Nyoman), dan Elviyanto (ELV, swasta).

Terhadap CSU, DDW dan ZFK disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Penyidik KPK langsung melakukan penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan kepada enam tersangka. Terhadap tersangka I Nyoman ditahan di Polres Metro Jakarta Timur, Mirawati ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK, dan Elviyanto ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK. Adapun Chandry Suanda (CSU) alias Afung (swasta) ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK, Doddy Wahyudi (DDW, swasta) ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur, dan Zulfikar (ZFK, swasta) ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur. (do)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*