Home » Berita » Headline » Daerah » Kasus Covid 19 Terus Meningkat, Gelora Joko Samudro di Manfaatkan sarana Rehabilitasi Observasi

Kasus Covid 19 Terus Meningkat, Gelora Joko Samudro di Manfaatkan sarana Rehabilitasi Observasi

GRESIK, DOBRAKNEWS- Jumlah sebaran positif covid-19 di Kabupatem Gresik tembus 661 orang. Pada bulan Juni angka sebaran covid-19 dalam satu hari rata-rata di atas 20 kasus.

Direktur RSUD Ibnu Sina dr Endang Puspitowati Sp.THT-KL menyebut alat PCR itu belum bisa terealisasi dalam pekan ini.  Alat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu butuh alat penunjang.

“Alat penunjang ini yang belum ada dan sedang kami siapkan secepatnya,” urai dr Endang Puspitowati.

Disebutkan dalam sehari IGD RSUD Ibnu Sina bisa menerima hingga 10 pasien dalam pemantauan (PDP). Saking penuhnya kamar, pasien tersebut terpaksa berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) bahkan sampai tiga hari.

Dari sanalah pihaknya melakukan pembatasan penerimaan pasien IGD untuk umum. Sehingga, pemanfaatan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) untuk rehabilitasi dan observasi pasien covid.

“Total di RSUD Ibnu Sina terdapat 14 nakes terpapar covid-19. Baik dokter, dokter spesialis, hingga perawat. Lokasinya kerjanya pun tidak hanya di ruang isolasi. Melainkan juga nakes IGD hingga nakes rawat inap non covid. Ada yang dari ruang umum, karena terpapar dari pasien,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Saifudin Ghozali belum mengetahui kapan alat itu datang. Karena alat PCR itu nantinya berada di RSUD Ibnu sina.

Saat ini, pihaknya sedang fokus mengebut menyediakan alat kesehatan di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) yang akan digunakan sebagai tempat rebahilitasi dan observasi pasien positif covid-19. (sr/tin)

Share this...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*