Ratusan HP Hasil Selundupan Penghuni Rutan Gresik Ditenggelamkan

oleh -113 views
rutan gresik
Petugas memasukkan handphone sitaan ke dalam aquarium berisi air asin, yang hendak diselundupkan ke dalam lingkungan Rutan Klas IIB Gresik, Selasa (2/11/2021).(Dok. Rutan Gresik)

GRESIK, DOBRAKNEWS.COM – Petugas Rumah Tahanan (rutan) kelas IIB Gresik menyediakan aquarium khusus handphone (HP) sitaan yang diselundupkan ke dalam sel tahanan. Para warga binaan dan pengunjung bisa melihat langsung ratusan HP yang digerogoti air garam (asin).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyebutkan, ini jadi salah satu upaya untuk membuat pelanggar jera. Sebelum ditenggelamkan, petugas menghancurkan telepon tersebut dengan cara di pukul dengan menggunakan martil. Setelah dipastikan tidak berfungsi, petugas baru menenggelamkan HP dalam aquarium bervolume 4 meter kubik.

“Kebijakan ini sekaligus sebagai bentuk transparansi bahwa kami selalu memerangi adanya penyelundupan handphone dalam lapas/ rutan,” tegasnya, Selasa (2/11/2021).

Kepala Rutan Gresik Aris Sakuriyadi menjelaskan bahwa sejak Januari 2021, saat ini telah ada ratusan HP yang dimasukkan ke aquarium tersebut. Semuanya merupakan hasil penggeledahan kamar hunian warga binaan.

Aris menjelaskan, razia dan pemusnahan itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan pihak rutan memerangi penyelundupan ponsel ke Rutan Gresik. Sesuai aturan, warga binaan dilarang menggunakan ponsel. “Jadi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan dari kami dalam memberantas handphone. Karena handphone barang terlarang, dan banyak nilai negatif yang ditimbulkan,” kata Aris.

Aris menyebutkan bahwa pihaknya rutin melakukan penggeledahan blok hunian setiap minggunya. Selain itu, ada juga penggeledahan tentatif yang bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

“Kami tidak akan pernah berhenti untuk melakukan razia dan penertiban, demi terciptanya Rutan Gresik yang kondusif dan aman dari barang-barang yang dilarang,” pungkasnya(Yusuf)

dobraknews.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE